MAAF, STOCK STR W6262 KOSONG, TOP258PN sementara juga kosong

IC Regulator Proyektor Pecah, Jangan Asal Ganti

Posted by at 10:01 AM
Salah satu ciri kerusakan pada komponen elektronika adalah pecah fisiknya, seperti pada IC regulator sebuah proyektor yang mati total, salah satu penyebabnya adalah pecahnya IC regulator. Jika kita sedang menganalisa kerusakan yang seperti itu tentu kita langsung berfikir bahwa mengganti IC yang pecah tersebut pasti akan menyelesaikan masalah, belum tentu! Yuk kita diskusikan disini.
Memang benar jika sebuah ic regulator pecah tentu penanganannya adalah dengan mengganti IC tersebut namun kita juga harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab pecahnya komponen tersebut.
Pada sebuah proyektor, IC regulator bisa saja pecah karena over voltage atau tegangan yang masuk ke IC terlalu tinggi karena kerusakan pada komponen penurun tegangan dari 220Volt, nah jika kasusnya seperti ini maka mengganti ic regulator belumlah cukup bahkan bisa saja ic yang baru ikutan pecah jika tegangan yang masuk ke IC belum sesuai.
Kemudian penyebab lain dari pecahnya IC regulator pada sebauh proyektor adalah karena memang performa-nya sudah jelek, nah yang ini baru hanya dengan mengganti IC masalah teratasi.
Kesimpulannya adalah jangan asal ganti jika kita menemukan ic regulator pada proyektor pecah, saran kami ikuti langkah-langkah berikut :
1. Lepas ic regulator yang sudah pecah karena tentu saja sudah bisa dipastikan mati
2. Check Fuse pada power supply
3. Check Semua komponen deoda pada board power supply, termasuk deoda yang besar maupun deoda Zener, semua harus dalam kondisi normal
4. Check juga fisik kapasitor, pastikan kondisinya menggunakan multitester
Dengan melakukan 4 langkah diatas maka resiko keruskaan berulang pada ic regulator bisa dikurangi, yang pasti hati-hati, jangan asal ganti ic regulator jika kerusakannya pecah.

1 comment:

Search Form

Jual TOP258PN ready stock - Powered by Blogger. Template Designs: Dejoer Tekno by Adheens San